Tiga jalan utama PDF Print
Translated by Valentina Suhendra   
Article hits: 4610

 

Saya bersujud pada para lama tinggi dan suci

I bow to the high and holy lamas.

Sejauh saya bisa, saya akan menjelaskan esensi dari seluruh ajaran tinggi para Pemenang, jalan dari putra yang mulia, pintu masuk bagi yang beruntung dalam mencari kebebasan.

Mendengar dengan pikiran murni, mereka yang beruntung yang tidak menginginkan kesenangan hidup, dan menggunakan waktu luang dan keberuntungan untuk usaha bermakna bagi pikiran mereka menuju jalan yang menyenangkan para Pemenang.

Tidak ada cara untuk mengakhiri, tanpa pelepasan murni, berusaha untuk mendapatkan hasil yang baik dalam samudera kehidupan. Hal ini dikarenakan hidup yang selalu menginginkan sesuatu sehingga para makhluk terbelenggu, jadi carilah pelepasan dahulu.

Waktu luang dan keberuntungan sulit dicari, hidup tidaklah panjang, berpikirlah mengenai hal ini terus-menerus. Berpikirlah berulang-ulang mengenai bagaimana tindakan dan buah mereka tidak pernah gagal, dan lingkaran penderitaan: Hentikanlah keinginan untuk masa depan.

Ketika kalian sudah bermeditasi karena itu dan tidak mengharapkan sesaatpun hal-hal yang menyenangkan dalam lingkaran kehidupan, dan ketika kalian mulai memikirkan malam dan siang hari untuk mendapatkan kebebasan, kalian telah menemukan pelepasan.

Pelepasan, walaupun hal ini tidak pernah memberikan kebahagiaan menyeluruh yang tak tertandingi, Ke-Buddha-an, kecuali terikat dengan harapan termurni; sehingga, mereka yang bijaksana mencari harapan tertinggi untuk pencerahan.

Mereka yang terbawa empat aliran sungai yang deras, dirantai ketat oleh tindakan terdahulu, sulit untuk diperbaiki, tersumpal dalam kandang baja keinginan “diri,” tertahan dalam kegelapan kebodohan.

Dalam putaran tak terbatas mereka dilahirkan, dan dalam kelahiran mereka, disiksa oleh tiga penderitaan tanpa jeda; pikirkanlah bagaimana perasaan ibumu, pikirkan apa yang terjadi pada mereka, cobalah untuk mengembangkan harapan tertinggi.

Kalian mungkin menguasai pelepasan dan harapan tersebut, tetapi kecuali kalian memiliki kebijaksanaan untuk mempersepsikan kenyataan, kalian tidak bisa memotong akar dari lingkaran kehidupan. Berusahalah dengan cara mempersepsikan ketergantungan.

Seorang yang memasuki jalan yang menyenangkan para Buddha ketika untuk semua obyek, dalam lingkaran atau selebihnya, dia melihat bahwa sebab dan akibat tidak pernah gagal, dan baginya mereka telah kehilangan semua penampakan yang padat.

Kalian belum menyadari pikiran mereka yang Mampu selama dua ide terlihat seperti berbeda: penampakan benda- ketergantungan sempurna; dan kekosongan – di luar mengambil posisi apapun.

Pada suatu saat mereka tidak lagi saling menggantikan, datang bersama; hanya melihat bahwa ketergantungan tidak pernah gagal membawa kesadaran yang menghancurkan bagaimana kau memegang obyek, dan kemudian analisamu dengan pandangan selesai

Ditambah lagi, penampakan mencegah keberadaan ekstrim; kekosongan dari ketidak-beradaan, dan bila kalian lihat bagaimana kekosongan menunjukan sebab dan akibat. Kalian tidak pernah akan diculik pandangan ekstrim.

Ketika kamu telah menginginkan dan juga bagian esensial dari yang dijelaskan masing-masing tiga jalan utama, kemudian pergi ke isolasi, putraku, berusahalah, dan dengan segera menangkan harapanmu yang utama.

As far as I am able I shall explain the essence of all high teachings of the Victors, the path that their holy sons commend, the entry point for the fortunate seeking freedom.

Listen with a pure mind, fortunate ones who have no craving for the pleasures of life, and who to make leisure and fortune meaningful strive to their minds to the path which pleases the Victors.

There is no way to end, without the pure reunciation, this striving for pleasent results in the ocean of life. It is because of their hankering life as well that beings are fettered, so seek reunciation first.

Leisure and fortune are hard to find, life is not long; think it constantly, stop desire for this life. Think over and over how deeds and their fruits never fail, and the cycle’s suffering: stop desire for the future.

When you have meditated thus and fell not even a moment’s wish for the good things of cyclic life, and when you begin to think both night and day of achieving freedom, you have found reunciation.

Reunciation though can never bring the total bliss of matchless Buddhahood unless it is bound by the purest wish; and so, the wise seek the high wish for enlightenment.

They are swept along the four fierce river currents, chained up tight in past deeds, hard to undo, stuffed in a steel cage of grasping “self,” smothered in the pitch-black ignorance.

In a limitless round they are born, and in their births are tortured by three sufferings without a break; think how your mothers feel, think of what is happening to them, try to develop this highest wish.

You may master reunciation and the wish, but unless you have the wisdom perceiving reality you cannot cut the root of cyclic life. Make efforts in ways then to perceive interdependence.

A person is entered the path that pleases the Buddhas when for all objects, in the cycle or beyond, he sees that cause and effect can never fail, and when for him they lose all solid appearance.

You have yet to realize the thought of the Able as long as two ideas seem to you disparate: the appearance of things- infallible interdependence; and emptiness- beyond taking any position.

At some point they have no longer alternate, come together; just seeing that interdependence never fails brings realization that destroys how you hold objects, and then your analysis with view complete.

In addition, the appearance prevents the existence extreme; emptiness that of non-existence, and if you see how emptiness shows cause and effect. You will never be stolen off by extreme views.

When you have grasped as well as essential points of each of the three principal paths explained, then go into isolation, my son, make efforts, and quickly win your ultimate wish.

Peraturan dan Persetujuan Terjemahan

Terjemahan ini adalah hasil pekerjaan dari penerjemah pihak ketiga di luar organisasi Kechara. Apabila terjadi salah paham terhadap pengertian dari materi versi bahasa Indonesia, versi bahasa Inggris akan dianggap sebagai versi yang lebih akurat. Walaupun setiap upaya telah dilakukan untuk memeriksa akurasi dari hasil terjemahan ini, kemungkinan terjadi kesalahan tetap ada. Semua pihak yang menggunakan informasi yang didapat dari artikel ini, melakukan hal tersebut dengan resiko pribadi.

© Hak cipta dari artikel ini dipegang oleh Tsem Tulku Rinpoche. Artikel ini bisa di - download, dicetak, dan gandakan hanya untuk kepentingan pribadi atau kegiatan belajar - mengajar. Kegiatan men-download, menggandakan, tidak boleh dilakukan untuk kepentingan komersial atau untuk mewakili kepentingan perusahaan komersial tanpa ijin eksplisit dari Tsem Tulku Rinpoche. Untuk kepentingan seperti ini, harap menghubungi Liason Susan Lim dari Kechara Media and Publication ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ).

Translation Disclaimer

This translation is the work of a third party translator external to the Kechara Organisation. Should confusion arise in the interpretation of the Indonesian versions of the materials of this page, the English version will be considered as accurate. While every effort is made to ensure the accuracy of the translation, portions may be incorrect. Any person or entity who relies on information obtained from the article does so at his or her own risk.

© The copyright to this article is held by Tsem Tulku Rinpoche. It may be downloaded, printed and reproduced only for personal or classroom use. Absolutely no downloading or copying may be done for, or on behalf of, any for-profit commercial firm or other commercial purpose without the explicit permission of Tsem Tulku Rinpoche. For this purpose, contact Susan Lim, Kechara Media and Publication Liaison, at This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

 

Visitors

We have 28 guests online

Social Media

Have anything to say?


Copyright © 2013